HUKUM-HUKUM ISLAM






HUKUM-HUKUM ISLAM
                Hukum islam yang juga bisa disebut sebagai hukum syara' itu terbagi menjadi lima macam, yaitu:
1. WAJIB ATAU FARDUH
                Wajib yaitu suatu parkara yang apabila dikerjakan akan mendapatkan pahala, dan jika ditinggalkan akan mendapatkan dosa, misalnya: shalat farduh lima waktu,
Adapun wajib atau farduh itu bila ditinjau dari segi pelaksanaannya dibagi menjadi dua bagian
a.      wajib atau farduh 'ain
Yaitu sesuatu yang harus dikerjakan oleh setiap orangf muslim yang mukallaf misalnya: shalat lima waktu, puasa Ramadhan, dll.
b.      wajib atau farduh kifayah
Yaitu suatu kewajiban yang telah dianggap cukup apabila telah dikerjakan oleh sebagian dari orang mukallaf , dan berdosa seluruhnya jika tidak seorangpun dari orang mukallaf yang, mengerjakan, misalnya: merawat jenasah, menshalati, dan menguburnya.
2. SUNNAH
                Adalah sesuatu amalan yang apabila dikerjakan mendapatkan pahala dan apabila ditinggalkan tidak mendapat dosa, misalkan, shalat rawatib, shalat tarawih, shalat ID. Dan sebagainya.
Sunnah dibagi menjadi dua bagian:
a.      Sunnah Muakkad
Adalah amalan yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan. Seperti shalat tarawih, shalat dua hari raya, karna rasulallah senangtiasa mengerjakannya.
b.      Sunnah ghoiru muakad
Adalah amalan Sunnah biasa yang tidak begitu dianjurkan, misalkan, shalat qobliyah magrib
3. HARAM
                Haram adalah amalan yang apabila dikerjakan mendapat dosa,dan apabila ditinggalkan mendapat pahala. misal: berjudi,minuman keras, mencuri, berzina, mendurhakai orang tua, dan sebagainya
4. MAKRUH
                 Makruh adalah sesuatu amalan yang apabila dikerjakan tidak berdosa,dan apabila ditinggalkan mendapat pahala. Misalnya merokok, makan petai, makan bawang mentah, dan lain sebagainya.
5. MUBAH
                Mubah adalah suatu amalan yang apabila dikerjakan tidak mendapat dosa, dan apabila ditinggalkan tidak akan mendapat apa-apa atau pahala, jadi boleh saja dikerjakan atau ditinggalkan. Misalnya, tidur, makan, minum, dan lain sebaginya.

Komentar